STRATEGI PEMBELAJARAN
Oleh :
Olipia Oktapiani_20832006
1. Strategi pembelajaran merupakan siasat atau kiat yang sengaja direncanakan
guru, berkenaan dengan segala persiapan pembelajaran agar pelaksanaan
pembelajaran berjalan dengan lancar dan tujuannya yang berupa hasil belajar
bisa tercapai dengan secara optimal, contoh penerapan strategi dalam
pembelajaran yaitu Siswa melakukan debat,Pendidik
dapat membagi siswa menjadi dua kelompok dengan topik yang sama namun berbeda
sudut pandang atau pro dan kontra. Debat dimulai dengan memberikan jawaban dan
alasan dari masing-masing kelompok. Strategi ini dilakukan supaya siswa dapat
melatih teknik dalam berbicara. Selain itu, siswa dapat memberikan pendapat dan
sanggahan dari permasalahan yang dihadapi.
-
Pendekatan pembelajaran yaitu cara yang
ditempuh guru dalam pelaksanaan pembelajaran agar konsep yang di sajikan bisa
beradaptasi dengan siswa, Contoh penerapam pendekatan dalam pembelajaran yaitu,
Pendekatan Konstektual
( Bertanya), siswa mengajukan pertanyaan /
soal , dan menanyakan materi yang tidak dipahami.
-
Metode pembelajaran yaitu cara
menyajikan materi yang masih bersifat umum, Contoh penerapan metode dalam
pembelajaran yaitu, salah satunya adalah penerapan
dengan metode Ceramah( Penerangan dan penuturan yang dilakukan secara
lisan, dalam metode ceramah pengajar bisa menggunakan alat bantu seperti
gambar-gambar)
-
Metode Teknik pembelajaran yaitu cara
menyajikan materi yang memerlukan keahlian khusus, contoh penerapan metode
teknik dalam pembelajaran yaitu,Seorang
guru pada saat menyampaikan materi sering memberikan motivasi dengan
menceritakan pengalaman kesuksesan orang-orang besar, sesekali disertai dengan
humor.
2. a.
Bersifat Fisiologis, psikologis maupun sosiologis, Maksudnya adalah Masalah
kesulitan belajar ada disetiap masing-masing individu artinya setiap orang mempunyai
kesulitan nya sendiri, kesulitan belajar tidak selalu karena pembelajaran yang
kurang menarik, tidak selalu semua karena
faktor ngantuk. Setiap individu memiliki masalah nya masing-masing yang
harus kita telaah lebih dalam melalui observasi melalui pendekatan-pendekatan
untuk menemukan titik seseorang yang menyebabkan kesulitan belajar.
b.
Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar
1) Faktor
Intern
a) Kelemahan
fisik ( kurng berfungsinya panca indera, sakit dan cacat tubuh / pertumbuhan
yang kurang sempurna)
b) Kelemahan
mental baik bawaan maupun pengalaman ( misal : IQ rendah, gangguan mental )
c) Kelemahan
emosional ( misalnya : Immaturity, pobia)
d) Kebiasaan
dan sikap yang salah ( misalnya banyak melakukan tindakan yang kurang relefan,
sering bolos, sering tidak masuk )
e) Tidak
memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan
2) Faktor
eksternal
a) Kurikulum
yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa
b) Kelemahan
dalam sistem intruksional
c) Terlampau
berat beban belajar
d) Sering
pindah sekolah
e) Kelemahan
dalam lingkungan keluarga
f) Terlampau
banyak kegiatan diluar kelas
c.
Teknik pengungkapan dari kesulitan belajar, Bisa dilakukan dengan :
a. Observasi
b. Tes
hasil belajar
c. Tes
diagnostik
d. Tes
bakat/ minat
e. Angket
/ Kuisoner
3. Peran
guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu Guru sebagai Pendidik dan Pengajar
Guru sebagai pendidik
à
Guru sebagai seorang pendidik tidak hanya tahu tentang materi yang akan
diajarkan . Akan tetapi, ia pun harus memiliki kepribadian yang kuat yang
menjadikannya sebagai panutan bagi para siswanya . Hal ini penting karena
sebagai seorang pendidik , Guru tidak hanya mengajarkan siswa untuk mengetahui
beberapa hal. Guru juga harus melatih keterampilan, sikap dan mental anak
didik. Penanaman keterampilan sikap dan mental hal ini tidak bisa sekedar asal
tahu saja , tetapi harus dikuasai dan di praktikan siswa dalam kehidupan
sehari-harinya.
Guru sebagai pengajar à kadang diartikan sebagai menyampaikan
materi pembelajaran kepada siswa . Dalam posisi ini , Guru aktif menempatkan
dirinya sebagai pelaku imposisi yaitu
menuangkan materi ajar kepada siswa. Sedangkan dilain pihak siswa secara pasif
menerima materi pelajaran yang diberikan tersebut , sehingga proses pengajaran
bersifat monoton. Padahal, peran guru sebagai pengajar bukan hanya menyampaikan
informasi, tetapi masih banyak kegiatan lain yng harus dilakukan guru agar
proses pengajaran mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
Hal
yang harus dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah belajar selama pandemi
a. Guru
harus dapat memanfaatkan media teknologi
Karena diharuskan untuk
melakukan pembelajaran secara online, tentunya guru juga harus dapat
memanfaatkan media teknologi dengan baik. Terdapat beberapa media teknologi
yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran online.
b. Guru
harus membuat sebuah pembelajaran yang terencana
Dalam melakukan
pembelajaran online guru pun harus merencanakan dengan efektif keterbatasan
waktu yang dimilikinya dalam menyampaikan materi. Dalam hal ini, guru dapat
mempersiapkan quality lesson plan dan mengatur beberapa langkah pembelajaran
yang lebih spesifik.
c. Guru
harus membuat anak didik agar tetap berkonsentrasi
Untuk melakukan hal
ini, seorang guru harus memiliki tujuan yang jelas dan mampu membuat anak didik
memiliki sebuah ikatan batin.
d. Guru
harus menyediakan metode pembelajaran interaktif
4. a.
Pembelajaran sangat penting untuk direncanakan Karena pembelajaran pada
dasarnya merupakan proses aktivitas yang dilakukan secara tertata dan teratur,
berjalan secara logis dan sistematis mengikuti aturan-aturan yang telah
disepakati sebelumnya, agar pelaksanaan nya berjalan optimal.
b.
Unsur yang harus dipenuhi dalam kegiatan perencanaan pembelajaran
a) Ilmial
yaitu keseluruhan materi yang dikembangkan atau dirancang oleh guru, termasuk
kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus dan rencana pelaksanaan dan
pembelajaran, harus benar dan dapat di pertanggung jawabkan secara keilmuwan
b) Relevan
yaitu bahwa setiap materi memiliki ruang lingkup atau cakupan dan
sistematikanya atau urutan penyajiannya
c) Sistematis
yaitu unsur perencanaan baik untuk perencanaan jenis silabus maupun perencanaan
untuk rencana pembelajaran, antara unsur yang satu dengan unsur yang lainnya
harus saling terkait, mempengaruhi, menentukan dan suatu kesatuan yang utuh
untuk mencapai tujuan atau kompetensi
d) Konsisten
yaitu adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indicator, materi
pokok pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian
e) Memadai
yaitu cakupan indicator materi pokok, pengalamn,sumber belajar dan sistem
penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
f) Aktual
dan konstektual yaitu cakupan indicator , materi pokok, pengalaman
pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan
ilmu teknologi dan seni muktahir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang
terjadi
g) Fleksibel
yaitu keseluruhan komponen silabus maupun pelaksanaan pembelajaran harus dapat
mengakomodasi keragaman peserta didik , pendidik serta dinamika perubahan yang
terjadi disekolah maupun tuntutan masyarakat.
h) Menyeluruh yaitu komponen silabus rencana pelaksaaan pembelajaran harus mencakup keseluruhan ranah Kompetensi ( Kognitif, Afektif , Psikomotor )
5. a. Pembelajaran yang dilakukan secara daring sangat membutuhkan peran dari teknologi, Apalagi dimasa pandemi covid -19 yang menuntuk semua orang terutama siswa dan tenaga pendidik yang harus melakukan pembelajaran melalui sarana IPTEK, dengan memamfaatkan sebuah aplikasi atau web.
b.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pembelajaran
Jarak Jauh)
Satuan Pendidikan |
: SMA ALIYAH CILAGENI |
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Materi Pokok |
: Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara. |
Alokasi Waktu |
: 4 JP (2x Pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
a. Menganalisis dan menyimpulkan
Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
b.
Menyajikan hasil pengumpulan data
secara bertanggung jawab dalam bentuk display atau power point tentang
Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
c.
Menerapkan perilaku proaktif dan kerjasama selama kegiatan pembelajaran
berlangsung
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Alat dan Bahan
a. Laptop/HP Android
b. Worksheet atau lembar kerja (siswa) / Edmodo
Kegiatan
Pembelajaran
a. Guru memberikan orientasi, apersepsi dan motivasi
b. Guru meminta Peserta didik untuk literasi materi di
folder Kelas Edmodo.
c.
Peserta didik membaca materi yang disediakan kemudian mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi lalu mengumpulkan pada laman tugas berupa Foto/PDF dalam “Assignment” Edmodo
- Penilaian
Penilaian Sikap
: Pemantauan peserta didik
Penilaian
Pengetahuan : Proses penyelesaian tugas
Penilaian
Keterampilan : Mengerjakan tugas dan mengirimkan melalui Edmodo
Garut, 09 September 2021
Mengetahui, |
|
Kepala Sekolah SMA ALIYAH CILAGENI Prayoga Ari , S.Pd.I NBM. 781.891 |
Guru Mata Pelajaran Olipia Oktapiani S.Pd NKTAM. 1322013 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar