Jumat, 21 Januari 2022

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

Oleh :

Olipia Oktapiani_20832006

 

1.           Strategi pembelajaran merupakan siasat atau kiat yang sengaja direncanakan guru, berkenaan dengan segala persiapan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar dan tujuannya yang berupa hasil belajar bisa tercapai dengan secara optimal, contoh penerapan strategi dalam pembelajaran yaitu Siswa melakukan debat,Pendidik dapat membagi siswa menjadi dua kelompok dengan topik yang sama namun berbeda sudut pandang atau pro dan kontra. Debat dimulai dengan memberikan jawaban dan alasan dari masing-masing kelompok. Strategi ini dilakukan supaya siswa dapat melatih teknik dalam berbicara. Selain itu, siswa dapat memberikan pendapat dan sanggahan dari permasalahan yang dihadapi.

-          Pendekatan pembelajaran yaitu cara yang ditempuh guru dalam pelaksanaan pembelajaran agar konsep yang di sajikan bisa beradaptasi dengan siswa, Contoh penerapam pendekatan dalam pembelajaran yaitu, Pendekatan Konstektual

 ( Bertanya), siswa mengajukan pertanyaan / soal , dan menanyakan materi yang tidak dipahami.

-          Metode pembelajaran yaitu cara menyajikan materi yang masih bersifat umum, Contoh penerapan metode dalam pembelajaran yaitu, salah satunya adalah penerapan dengan metode Ceramah( Penerangan dan penuturan yang dilakukan secara lisan, dalam metode ceramah pengajar bisa menggunakan alat bantu seperti gambar-gambar)

-          Metode Teknik pembelajaran yaitu cara menyajikan materi yang memerlukan keahlian khusus, contoh penerapan metode teknik dalam pembelajaran yaitu,Seorang guru pada saat menyampaikan materi sering memberikan motivasi dengan menceritakan pengalaman kesuksesan orang-orang besar, sesekali disertai dengan humor.

2.      a. Bersifat Fisiologis, psikologis maupun sosiologis, Maksudnya adalah Masalah kesulitan belajar ada disetiap masing-masing individu artinya setiap orang mempunyai kesulitan nya sendiri, kesulitan belajar tidak selalu karena pembelajaran yang kurang menarik, tidak selalu semua karena  faktor ngantuk. Setiap individu memiliki masalah nya masing-masing yang harus kita telaah lebih dalam melalui observasi melalui pendekatan-pendekatan untuk menemukan titik seseorang yang menyebabkan kesulitan belajar.

b. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar

1)      Faktor Intern

a)      Kelemahan fisik ( kurng berfungsinya panca indera, sakit dan cacat tubuh / pertumbuhan yang kurang sempurna)

b)      Kelemahan mental baik bawaan maupun pengalaman ( misal : IQ rendah, gangguan mental )

c)      Kelemahan emosional ( misalnya : Immaturity, pobia)

d)     Kebiasaan dan sikap yang salah ( misalnya banyak melakukan tindakan yang kurang relefan, sering bolos, sering tidak masuk )

e)      Tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan

2)      Faktor eksternal

a)      Kurikulum yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa

b)      Kelemahan dalam sistem intruksional

c)      Terlampau berat beban belajar

d)     Sering pindah sekolah

e)      Kelemahan dalam lingkungan keluarga

f)       Terlampau banyak kegiatan diluar kelas

c. Teknik pengungkapan dari kesulitan belajar, Bisa dilakukan dengan :

a.       Observasi

b.      Tes hasil belajar

c.       Tes diagnostik

d.      Tes bakat/ minat

e.       Angket / Kuisoner

3.      Peran guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu Guru sebagai Pendidik dan Pengajar

Guru sebagai pendidik à Guru sebagai seorang pendidik tidak hanya tahu tentang materi yang akan diajarkan . Akan tetapi, ia pun harus memiliki kepribadian yang kuat yang menjadikannya sebagai panutan bagi para siswanya . Hal ini penting karena sebagai seorang pendidik , Guru tidak hanya mengajarkan siswa untuk mengetahui beberapa hal. Guru juga harus melatih keterampilan, sikap dan mental anak didik. Penanaman keterampilan sikap dan mental hal ini tidak bisa sekedar asal tahu saja , tetapi harus dikuasai dan di praktikan siswa dalam kehidupan sehari-harinya.

Guru sebagai pengajar à kadang diartikan sebagai menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa . Dalam posisi ini , Guru aktif menempatkan dirinya  sebagai pelaku imposisi yaitu menuangkan materi ajar kepada siswa. Sedangkan dilain pihak siswa secara pasif menerima materi pelajaran yang diberikan tersebut , sehingga proses pengajaran bersifat monoton. Padahal, peran guru sebagai pengajar bukan hanya menyampaikan informasi, tetapi masih banyak kegiatan lain yng harus dilakukan guru agar proses pengajaran mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Hal yang harus dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah belajar selama pandemi

a.       Guru harus dapat memanfaatkan media teknologi

Karena diharuskan untuk melakukan pembelajaran secara online, tentunya guru juga harus dapat memanfaatkan media teknologi dengan baik. Terdapat beberapa media teknologi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran online.

b.      Guru harus membuat sebuah pembelajaran yang terencana

Dalam melakukan pembelajaran online guru pun harus merencanakan dengan efektif keterbatasan waktu yang dimilikinya dalam menyampaikan materi. Dalam hal ini, guru dapat mempersiapkan quality lesson plan dan mengatur beberapa langkah pembelajaran yang lebih spesifik.

c.       Guru harus membuat anak didik agar tetap berkonsentrasi

Untuk melakukan hal ini, seorang guru harus memiliki tujuan yang jelas dan mampu membuat anak didik memiliki sebuah ikatan batin.

d.      Guru harus menyediakan metode pembelajaran interaktif

4.      a. Pembelajaran sangat penting untuk direncanakan Karena pembelajaran pada dasarnya merupakan proses aktivitas yang dilakukan secara tertata dan teratur, berjalan secara logis dan sistematis mengikuti aturan-aturan yang telah disepakati sebelumnya, agar pelaksanaan nya berjalan optimal.

b. Unsur yang harus dipenuhi dalam kegiatan perencanaan pembelajaran

a)      Ilmial yaitu keseluruhan materi yang dikembangkan atau dirancang oleh guru, termasuk kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus dan rencana pelaksanaan dan pembelajaran, harus benar dan dapat di pertanggung jawabkan secara keilmuwan

b)      Relevan yaitu bahwa setiap materi memiliki ruang lingkup atau cakupan dan sistematikanya atau urutan penyajiannya

c)      Sistematis yaitu unsur perencanaan baik untuk perencanaan jenis silabus maupun perencanaan untuk rencana pembelajaran, antara unsur yang satu dengan unsur yang lainnya harus saling terkait, mempengaruhi, menentukan dan suatu kesatuan yang utuh untuk mencapai tujuan atau kompetensi

d)     Konsisten yaitu adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indicator, materi pokok pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian

e)      Memadai yaitu cakupan indicator materi pokok, pengalamn,sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar

f)       Aktual dan konstektual yaitu cakupan indicator , materi pokok, pengalaman pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu teknologi dan seni muktahir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi

g)      Fleksibel yaitu keseluruhan komponen silabus maupun pelaksanaan pembelajaran harus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik , pendidik serta dinamika perubahan yang terjadi disekolah maupun tuntutan masyarakat.

h)      Menyeluruh yaitu komponen silabus rencana pelaksaaan pembelajaran harus mencakup keseluruhan ranah  Kompetensi ( Kognitif, Afektif , Psikomotor )

5.      a. Pembelajaran yang dilakukan secara daring sangat membutuhkan peran dari teknologi, Apalagi dimasa pandemi covid -19 yang menuntuk semua orang terutama siswa dan tenaga pendidik yang harus melakukan pembelajaran melalui sarana IPTEK, dengan memamfaatkan sebuah aplikasi atau web.

b.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pembelajaran Jarak Jauh)

Satuan Pendidikan

: SMA ALIYAH CILAGENI

Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Tahun Pelajaran

: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
: XII / (Ganjil)
: 2020/2021

Materi Pokok

: Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran

 kewajiban warga Negara.

Alokasi Waktu

: 4 JP (2x Pertemuan)

 

 

 1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

a.    Menganalisis dan menyimpulkan Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.

b.    Menyajikan hasil pengumpulan data secara bertanggung jawab dalam bentuk display atau power point tentang Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

c.    Menerapkan perilaku proaktif dan kerjasama selama kegiatan pembelajaran berlangsung

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Alat dan Bahan

a.  Laptop/HP Android

b.  Worksheet atau lembar kerja (siswa) / Edmodo

Kegiatan Pembelajaran

a.  Guru memberikan orientasi, apersepsi dan motivasi

b.  Guru meminta Peserta didik untuk literasi materi di folder Kelas Edmodo.

c.   Peserta didik membaca materi yang disediakan kemudian  mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi lalu mengumpulkan  pada laman tugas berupa Foto/PDF dalam “Assignment” Edmodo

 

  1. Penilaian

Penilaian Sikap : Pemantauan peserta didik

Penilaian Pengetahuan : Proses penyelesaian tugas

Penilaian Keterampilan : Mengerjakan tugas dan mengirimkan melalui Edmodo

 

 

                                                                                                Garut, 09 September 2021

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Kepala Sekolah

SMA ALIYAH CILAGENI

 

 

 

Prayoga Ari , S.Pd.I

NBM. 781.891

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Olipia Oktapiani S.Pd

NKTAM. 1322013

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS KELOMPOK 2 ( MODEL ISO LAYER _ TRANSPORT LAYER )

    KELOMPOK 2 :                                    1. Olipia Oktapiani                                    2. Fitri Khadijah                ...