Jumat, 17 Februari 2023

JARINGAN KOMPUTER

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

Oleh :

 Olipia Oktapiani_20832006_PTI3A

Melihat asal mula ide penggunaan jaringan komputer sejak awal, sudah lebih dari 70 tahun berlalu sejak teknologi jaringan komputer ini pertama kali digunakan. Jika jaringan komputer saat ini dapat digunakan oleh beberapa pengguna dan juga untuk tujuan yang berbeda, ternyata ide penggunaan jaringan komputer pada awalnya jauh lebih sederhana dari pada saat ini. 

Pada Awalnya, Ide Untuk Menciptakan Suatu Jaringan Komputer Adalah Hanya Agar Suatu Perangkat Sistem Komputer Bisa Digunakan Secara Bersamaan . Hal Ini Tentu Saja Juga Dipengaruhi Oleh Faktor Harga Dari Suatu Komputer Yang Masih Mahal, Dan Belum Bisa Dibeli Oleh Orang Biasa Pada Saat Itu.

Sejarah Jaringan Komputer menurut Paul Baran


        Paul Baran adalah seorang insinyur elektro asal Amerika yang terkenal karena memperkenalkan konsep jaringan komputer packet-switched pada tahun 1960-an. Konsep ini kemudian menjadi dasar bagi pengembangan jaringan komputer modern.

        Menurut Paul Baran, sejarah jaringan komputer dimulai pada saat Perang Dingin pada tahun 1950-an. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir bahwa jika terjadi serangan nuklir, maka jaringan komunikasi yang ada pada saat itu akan hancur. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah jaringan komunikasi yang dapat bertahan meskipun terjadi serangan nuklir.

        Paul Baran kemudian mengembangkan konsep jaringan komputer packet-switched yang berbasis pada gagasan bahwa informasi dapat dikirim dalam bentuk paket-paket data yang terpisah-pisah. Dalam jaringan packet-switched, setiap paket data dapat mengambil jalur yang berbeda-beda dan tiba di tujuan dalam urutan yang benar.

        Konsep jaringan packet-switched kemudian diimplementasikan pada proyek ARPANET yang didanai oleh Departemen Pertahanan AS. ARPANET adalah jaringan komputer pertama yang menggunakan protokol packet-switched, dan kemudian menjadi dasar dari pengembangan internet.

Gambaran Sejarah Jaringan Komputer menurut Paul Baran

  1. 1960, Paul Baran mengembangkan konsep jaringan komputer packet-switched yang memungkinkan informasi dikirim dalam bentuk paket-paket data terpisah-pisah. Konsep ini di implementasikan pada proyek ARPANET.
  2. 1969, Paul baran membentuk ARPANET, ARPANET merupakan jaringan komputer yang menggunakan Protocol packet-switched. Jaringan ini di danai oleh departemen pertahanan AS dan dibangun untuk memfasilitasi pertukaran data antara para peneliti dan ilmuwan di universitas dan lembaga penelitian
  3. 1970, Pengembangan Protocol TCP/IP, Setelah ARPANET terbentuk para peneliti, memperbaiki protocol yang digunakan untuk mengirim data dalam jaringan tersebut. Protocol TCP/IP Kemudian dikembangkan dan menjadi dasar internet.
  4. 1986 Pembentukan NSFNET, NSFNET Adalah jaringan komputer yang di danai oleh National Science Foundation (NSF) AS dan dibangun untuk memfasilitasi  penelitian dan pendidikan. Jaringan ini memiliki kapasitas yang lebih besar dari pada ARPANET dan menjadi cikal bakal internet modern.
  5. 1990, Komersialiasi internet, pada awal tahun 1990-an internet mulai digunakan secara luas dikalangan masyarakat. Bisnis dan Organisasi mulai memanfaatkan internet untuk kepentingan mereka, dan layanan-layanan internet seperti email dan web browser menjadi populer. 

Jadi dapat di simpulkan Secara keseluruhan, perkembangan jaringan komputer dimulai dari konsep jaringan packet-switched yang dikemukakan oleh Paul Baran, Hingga saat ini terus berkembang menjadi Komputer super,hingga sekarang dengan adanya jaringan nirkabel dan teknologi internet yang semakin canggih.

Sejarah jaringan Komputer dari Generasi Ke generasi

Jaringan Komputer (Computer Network) Pertama  Berawal Dari Munculnya Konsep Jaringan Komputer Di Amerika Pada Tahun 1940-An, Yang Lahir Dengan Bantuan Proyek Pengembangan Komputer Dari Bell Labs Dan Riset  Penelitian Universitas Harvard,  Yang Dipimpin Oleh Profesor Howard Aiken. Pada saat itu, penggunan komputer ingin dimaksimalkan, agar bisa digunakan secara bersamaan untuk  mengerjakan banyak proses tanpa membuang waktu banyak.

Kira-kira 10 tahun kemudian tepatnya Pada Tahun 1950-An, Ketika Komputer Mulai Berkembang dan juga membesar  Melalui Kemunculan Super Komputer, Komputer Harus Melayani Beberapa Lokasi (Terminal) Yang Tersedia, Maka Munculah Konsep Distribusi Proses Berbasis Waktu Yang Dikenal Dengan TTS (Time Sharing System) .  Sistem ini merupakan sistem pertama yang benar – benar mengimplementasikan dan juga menjadi cikal bakal network atau jaringan yang kita kenal hingga saat ini. Maka Dari Itu hal ini merupakan  Awal Mulanya Bentuk Jaringan Komputer Pertama Kali Digunakan. Pada Sistem TTS, Beberapa Terminal Dihubungkan Secara Seri Ke Komputer Atau Perangkat Lain Yang Terhubung Ke Jaringan Komputer (Host).Dengan Metode TTS Terlihat Perpaduan Antara Teknologi Dan Teknologi Komunikasi Yang Awalnya Dikembangkan Secara Terpisah. Departemen Pertahanan AS (Amerika Serikat), Departemen Proyek Penelitian Lanjutan AS (DARPA), Memutuskan Pada Tahun 1969 Untuk Melakukan Riset  Yang Bertujuan Menghubungkan Komputer Ke Jaringan Organik. Program Penelitian Ini Dikenal Sebagai ARPANET .


Gambar 1. Time Sharing System 

Kemudian, Pada Tahun 1970-An, Lebih Dari 10 Komputer Berhasil Dihubungkan Untuk Saling Berkomunikasi Dan Membentuk Jaringan. Dan Pada Tahun 1970, Ketika Beban Kerja Meningkat Tajam Dan Harga Perangkat Komputasi Besar Dan Tampak Sangat Mahal, Konsep Pemrosesan Terdistribusi Diperkenalkan.  ( Distributed Processing). Dalam Proses Ini, Beberapa Host Secara Paralel Melakukan Pekerjaan Yang Sangat Baik Dalam Melayani Beberapa Terminal Yang Terhubung Secara Seri Di Setiap Host. Dalam Proses Transmisi, Sangat Penting Adanya Integrasi Yang Mendalam Antara Komputer Dan Teknologi Komunikasi, Karena Selain Proses Yang Harus Dibagi, Semua Komputer Host Harus Mengoperasikan Terminalnya Dengan Perintah Komputer Pusat. 



                             
    

Gambar 2. Distributed Computer

 

Pada Tahun 1972, Seseorang bernama Roy Tomlison Berhasil Menyelesaikan Program Surat Elektronik (Email) Yang Telah Dibuatnya Untuk ARPANET Setahun Sebelumnya. Program Ini Sangat Mudah Digunakan Sehingga Langsung Menjadi Populer. Pada Tahun Yang Sama, 1972, Simbol At ( @ ) Juga Diperkenalkan Sebagai Simbol Penting Untuk "At" Atau "Is". Amerika Serikat Komputer University College London Adalah Komputer Pertama yang berada di Luar Amerika Yang Menjadi Bagian Dari Jaringan ARPANET.


  

 Gambar 3. Peta Logika ARPANET


        Setahun berikutnya tepatnya Pada Tahun 1973 Keatas Dikenal Sebagai Kelahiran Dari Internet Atau Jaringan Internasional (International Network), Terdapat Dua Orang Ahli Komputer Yang Mengembangkan Dan Juga Mengusulkan Sebuah Jaringan Yang Bersifat Sangat Luas Dan Dapat Digunakan Oleh Semua Orang Di Dunia. Vinton Cerf Dan Juga Bob Kahn , Kedua Orang Tersebut, Yang Membuat Sebuah Gagasan Besar, Yang Sebenarnya Menjadi Sebuah Cikal Bakal Dari Terciptanya Internet Atau International Network. Saat Ini, Internet Pun Sudah Menjelma Menjadi Jaringan Terbesar Yang Ada Di Dunia, Dan Dapat Menghubungkan Setiap Orang Di Berbagai Belahan Dunia. Ide Ini Pertama Kali Dipresentasikan Di University Of Sussex. Hari Bersejarah Berikutnya Adalah 26 Maret 1976, Ketika Ratu Inggris Berhasil Mengirimkan Surat Elektronik Dari Royal Signals And Radar Establishment Di Malvern. Setahun Kemudian, Lebih Dari 100 Komputer Bergabung Dengan ARPANET Membentuk Jaringan Atau Network. 

Tom Truscott, Jim Ellis Dan Steve Bellovin Mendirikan Newsgroup Pertama Bernama USENET (User Network) Pada Tahun 1979. Pada Tahun 1981, Frace Telecom Menciptakan Sesuatu Yang Baru Dengan Meluncurkan Telepon Pertama Yang Memungkinkan Orang Untuk Saling Menelepon, Termasuk Video Link.

Seiring Bertambahnya Jumlah Komputer Yang Membentuk Jaringan, Diperlukan Protokol Formal Yang Dapat Dikenali Dan Diterima Oleh Semua Jaringan. Oleh Karena Itu, Pada Tahun 1980 Dibentuklah Transmission Control Protocol (TCP) Atau Lebih Dikenal Dengan Internet Protocol (IP) Yang Kita Kenal Sekarang. Pada Saat Yang Sama, Jaringan Serupa Muncul Di Eropa Yang Dikenal Dengan European Network (EUNET) Yang Mencakup Belanda, Inggris, Denmark, Dan Swedia. Jaringan EUNET Menyediakan Layanan Email Dan Newsgroup Usenet. 

Untuk Menyatukan Alamat Jaringan Komputer Kontemporer, Pada Tahun 1984 Diluncurkan Sistem Penamaan Domain Atau Domain Name System Yang Kita Kenal Sebagai DNS. Lebih Dari 1.000 Komputer Terhubung Ke Jaringan Saat Ini. Pada Tahun 1987, Jumlah Komputer Yang Terhubung Ke Jaringan Meningkat 10 Kali Lipat Menjadi 10.000.

Jaringan Komputer Terus Berkembang, Dan Pada Tahun 1988 Warga Finlandia Jarko Menemukan Dan Mengimplementasikan Internet Relay Chat, Atau Lebih Dikenal IRC, Yang Memungkinkan Dua Atau Lebih Pengguna Komputer Untuk Berinteraksi Secara Langsung Dengan Mengirimkan Pesan (Chat). Hasilnya, Setahun Kemudian, Jumlah Komputer Jaringan Meningkat Sepuluh Kali Lipat. Setidaknya 100.000 Komputer Membentuk Jaringan. Pertengahan 1990-An Merupakan Tahun Paling Bersejarah Ketika Tim Berners Lee Merancang Editor Program Dan Program Penelitian Yang Dapat Menjelajahi Satu Komputer Ke Komputer Lain Melalui Jaringan. Program Ini Disebut World Wide Web ( www ).

Pada Tahun 1992, Jumlah Komputer Yang Membentuk Jaringan Melebihi Satu Juta Komputer. Dan Di Tahun Yang Sama Muncul Istilah Surfing (Penjelajahan). Dan Pada Tahun 1994, Situs Internet Telah Berkembang Menjadi 3.000 Alamat Web, Dan Untuk Pertama Kalinya Belanja Online, Atau Ritel Elektronik Untuk Belanja Visual, Muncul Di Web. Pada Tahun Yang Sama, Yahoo! Didirikan, Di Mana Netscape Navigator 1.0 Juga Lahir. 

        Mulai dari sejarah awal terbentuknya  jaringan komputer hingga saat ini ada 3 jenis jaringan komputer berdasarkan letak geografisnya. Berikut ini adalah ketiga jenis jaringan komputer tersebut :

Ø  LAN

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium, universitas atau kantor dan memiliki peralatan jaringan sendiri dan interkoneksi yang dikelola secara local.

Ø  MAN

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna dengan sumber daya komputer pada sebuah area geografis atau area yang lebih besar dari yang tercakup oleh LAN yang luas, tetapi lebih kecil dari area yang tercakup oleh WAN (wide area network).

Ø  WAN

WAN (wide area network). WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer atau jaringan telekomunikasi yang membentang di atas jarak geografis yang sangat luas, seperti seluruh Negara atau seluruh Dunia. Jaringan komputer jenis WAN biasanya terdiri dari beberapa jenis jaringan yang lebih kecil, seperti LAN atau MAN.


Referensi

Bab 1. Arsitektur, Sejarah, Standarisasi dan Trend. (n.d.).

https://www.academia.edu/9980700/Buku_jaringan_komputer

https://dosenit.com/jaringan-komputer/sejarah-jaringan-komputer

https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

https://www.britannica.com/biography/Paul-Baran


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS KELOMPOK 2 ( MODEL ISO LAYER _ TRANSPORT LAYER )

    KELOMPOK 2 :                                    1. Olipia Oktapiani                                    2. Fitri Khadijah                ...